Apa yang dimaksud dengan kalor Gan ? Untuk menjelaskan pengertian kalor, Oke akan kami jelaskan Pengertian tersebut .Orang yang pertama menyatakan kalor sebagai energi adalah Robert Mayer yang diperkuat oleh James Prescoutt JouIe (1818—1889). Oleh karenanya, satuan kalor dalam SI diberi nama Joule. Satuan yang lainnya adalah kalori atau kal.

kejadian yang sering dialami dalam kehidupan sehari-hari.bisa kita lihat pengertian kalor berikut ini. Kalor : didefinisikan sebagai energi yang berpindah dan zat yang suhunya lebih tinggi menuju zat yang suhunya lebih rendah.
1 Kalori menyatakan banyaknya kalor yang diperlukan untuk memanaskan 1 kg air sehingga suhunya naik sebesar 1 derajat celsius

Contoh Pengaruh kalor pada perubahan suhu suatu benda dapat dengan mudah kita temukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Contohnya : air yang dipanaskan akan mengalarni peningkatan suhu. Peningkatan suhu ini disebabkan karena energi panas dan api berpindah menuju air. Ini membuktikan bahwa kalor dapat memengaruhi suhu suatu zat.

Contoh lain : Sebuah sendok dimasukkan ke dalam secangkir kopi yang panas, sendok menjadi hangat dan kopi yang bersuhu panasnya menjadi berkurang. Hal ini karena kalor mengalir dari kopi yang panas atau suhu lebih tinggi ke sendok yang suhunya lebih rendah. Apabila secangkir kopi panas tersebut dibiarkan di atas meja, lama-kelamaan kopi panas tersebut akan menjadi dingin dengan sendirinya. Hal ini karena kalor mengalir dari kopi panas yang suhunya lebih tinggi, ke suhu yang lebih dingin. Kalor berhenti mengalir apabila suhu kopi panas sama dengan suhu sekitarnya. Jadi, apabila dua benda bersentuhan secara alamiah kalor berpindah dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah. Kalor akan berhenti berpindah apabila suhu kedua benda itu sama. Dapatkah anda memberikan beberapa contoh yang menunjukkan perpindahan kalor secara alamiah. begitulah pengertian dan contoh dari Energi KALOR
Previous
Next Post »